Penguin purba pernah lebih tinggi dari pada manusia

equityworld-semarang

Benua Antartika kembali menjadi saksi bisu penemuan sebuah sisa-sisa kehidupan yang sangat fantastis. Ternyata puluhan juta tahun yang lalu, benua dengan penduduk paling sedikit di dunia itu pernah menjadi tempat tinggal burung raksasa.

Para peneliti asal Argentina berhasil menemukan sebuah kerangka penguin yang memiliki tinggi hingga 2,02 meter dari ujung jari hingga paruhnya. Sedangkan ketika berdiri, penguin ini bisa setinggi 1,6 meter. Jauh lebih tinggi dari pada penguin ’emperor’ yang saat ini menjadi penguin terbesar di dunia dengan tinggi 1,1 meter.

Perbandingan tinggi penguin purba

Penguin purba yang dinamakan ‘Palaeeudyptes klekowskii’ ini diperkirakan hidup sekitar 37 sampai 40 juta tahun yang lalu. Dr. Carolina Acosta Hospitaleche, salah satu ahli paleontologi yang ikut menemukan fosil tersebut menambahkan bila pada zaman itu Bumi lebih hangat dibanding saat ini.

Fosil yang ditemukan sejatinya belum utuh, masih berupa tulang sayap, tulang paha, dan beberapa tulang kaki saja. Namun, tulang yang ada sudah bisa digunakan untuk menyimpulkan bila penguin…

Lihat pos aslinya 65 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s